Rabu, 24 November 2010

Fixie Bike

Mungkin lo lo semua kalo di jalan lebih sering ngeliat sepeda kaya gini,

atau liat foto foto fb, atau bbm orang orang banyak yang gambarnya kaya gini,
Yes, that's called fixed gear or fixie! Dulu temen gue ada yang ngajakin bikin nih sepeda, tapi gue ga tau fixie itu apaan, karena penasaran yaudah gue search aja di google dengan keywords fiksi, dan hasil yang gue maksud ga keluar. Ternyata keywords gue salah, yang bener tuh "fixie", lalu munculah tuh penjelasan-penjelasan tentang fixie.

Menurut "investigasi" yang gue lakukan, fixie itu adalah jenis sepeda yang menggunakan 1 gear dan 1 chainring, jadi gigi nya cuma 1 dan ga bakal bisa gonta ganti gigi (iyelah orang giginya cuma 1), terus keistimewaan lainnya adalah pedal bakalan terus berputar kalo rodanya berputar, jadinya ga bisa coasting, ga tau coasting itu apa? Itu loh kalo kita naik sepeda "biasa" kan kalo jalan rodanya kita suka diem aja tuh pedalnya biar ga cape, nah itu namanya coasting (sok tau mode : on).

Oke saya sudah mengerti apa itu arti dari fixie, terus bingung yang harus dibeli apa aja, gue dapet dari kaskus.us jadi yang dibutuhin untuk bikin fixie dari nol adalah:
  1. Frame sepeda
  2. Wheelset
  3. Hub
  4. Headset
  5. Bottom bracket
  6. Stem
  7. Handle bar
  8. Seat post
  9. Sadel
  10. Pedal
  11. Crank set
  12. Cog
  13. Rantai
  14. Toe clip
Segitu aja yang diperluin, banyak juga sih, kurang jelas apa yang diperluin? Kunjungi toko sepeda terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Nah kebetulan gue ada sepeda yang giginya banyak, setelah gue cari informasi sana sini, ternyata bisa tuh dibikin fixie, tinggal copot aja gigi2 yang banyak itu, pasang hub, cog fixed, toe clip dipasang jadi lah fixie.

Terus gue berpikir, berapa biaya yang diperlukan buat bikin ini sepeda. Setelah gue tanya sana sini, ternyata gue menarik kesimpulan, mahal tidaknya biaya yang dikeluarkan tergantung komponen-komponen yang digunakan. Kalo lo mau pake komponen yang bermerk yang luar negeri punya ya lo bisa abis sekitar lebih dari 10 juta. Tapi kalo mau yang biasa aja bisa "cuma" abis sekitar 1 jutaan. Tergantung ke selera, pribadi dan kesombongan masing2.

Temen gue ada yang bikin fixie sampe 30 jutaan. Nih gue kasih gambarnya, tapi gue belum dapet izin dari orangnya buat naro gambar sepedanya di blog gue, tapi gpp biar lo semua pada tau sepeda fixie mahal tuh kayanya gimana (Aseeekkk!).


Nah terus gue juga punya temen yang butuh biaya sekitar 1-2 jutaan. Nih orang yang ngajakin gue buat bikin fixie. Nih gue kasih gambarnya. Gue denger-denger sepeda ini dijual, dia pengen bikin lagi katanya. Yang berminat hubungin gue aja hehehehe.


Aduh bingung mau nulis apa lagi, pokoknya nih fixie udah menjamur di Indonesia. Udah banyak komunitas-komunitas fixie. Kalo mau mampir ke situs mereka silahkan mampir tapi harus sopan yah :)
  1. http://www.facebook.com/group.php?gid=98508137769&ref=ts
  2. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5405221
  3. http://www.id-fixed.com/
Oke sekian penjelasan dari saya, besok dilanjutin lagi deh insya allah. Salam gowes!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar